Abstrak
Pendidikan Agama Islam adalah buku pelajaran atau mata pelajaran
yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan pokok-pokok agama. Bahan pelajaran
Pendidikan Agama Islam pada garis besarnya mencakup tujuh pokok, yaitu:
Keimanan, Ibadah, Al-Qur’an, Akhlak, Mu’amalah, Syari’ah.
Bahan-bahan tersebut disusun sebagai usaha untuk mewujudkan keserasian,
keselarasan dan keseimbangan dalam rangka hubungan antara manusia dan Allah
SWT, antara mansuia dan sesama manusia, antara manusia dengan dirinya sendiri,
serta antara manusia dengan makhluk lainnya.
Pendidikan Agama Islam di sekolah merupakan sistem pembelajaran yang selalu
berkaitan dengan nilai-nilai moral keagamaan. Bila kurikulum sebagai heart of
education, maka Pendidikan Agama Islam sebagai bagian dari kurikulum
pendidikan menjadi is the heart of character in curriculum.
Karena Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran dimana isinya (conten of
matter) memuat berbagai karakter positif sesuai dengan tujuan pendidikan Islam
itu sendiri. Bahkan tentu akan mendukung tercapainya tujuan pendidikan
nasional. Selain itu Pendidikan Agama Islam lebih menekankan kepada soft skill
sebagai pengendali dan control terhadap hard skill seseorang. Pendidikan
Agama Islam adalah mata
pelajaran yang ada pada tingkat SD, SMP, SMA, SMK yang berbasis Negeri. Pada analisis Pendidikan Agama Islam
ini kami mengambil sampel dari tiga buah
buku yang berjudul sama tetapi berbeda pengarang. Buku pertama berjudul Pendidikan
Agama Islam Untuk SMA Kelas XII yang disusun oleh Drs. H. Syamsuri. Buku
kedua berjudul Dirasah Pendidikan Agama Islam SMK Kelas XII yang disusun
oleh Drs. Arifin, M.Pd.I dkk. Dan buku ketiga berjudul Pendidikan Agama
Islam 3 Untuk Kelas XII SMA yang disusun oleh Khuslan Haludhi
dan Abdurrohim. Buku Pendidikan
Agama Islam ini, dikembangkan dengan konsep bahwa belajar agama Islam adalah
bagian dari mempelajari Life Skill (kecakapan hidup) agar siswa dapat
memecahkan persoalan hidup dan berperan sebagai agen pemberi solusi, terkait
dengan masalah-masalah ke-Islaman.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan melalui ajaran-ajaran
agama Islam yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik, dapat
memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam yang telah
diyakininya secara menyeluruh, serta menjadikannya pandangan hidup demi
keselamatan hidup di dunia maupun kelak diakhirat.
Tujuan Pendidikan Agama Islam secara komprehensip adalah memebentuk
kepribadian Islam. Islam sebagai agama merupakan system kepercayaan dan system
ritual yang esensinya mengandung berbagai muatan moral yang perlu diaplikasikan
dalam kehidupan umatnya.
Pendidikan Agama Islam memiliki dasar pokok wahyu dari Allah yang
tertuang dalam Al-Qur’an dan perilaku rasulullah yang kemudian diistilahkan
dengan syari’at Islam. Dimana syari’at Islam itu menjadi dasar dan barometer
(standar moral) bagi para pemeluknya sehingga mampu melahirkan berbagai akhlak
mulia atau karakter mulia.
Analisis Pendidikan
Agama Islam ini pada dasarnya adalah menganalisis segala yang berhubungan
dengan materi pembelajaran. Antara lain
yaitu buku pelajaran yang digunakan, struktur buku, urutan materi pembelajaran dan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Dengan adanya
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam ini kami mengharapkan dapat menambah
pengetahuan kita sebagai calon guru serta dapat menjadi acuan untuk
menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didik.
B. Rumusan
Masalah
Dari ulasan latar
belakang di atas dapat diambil sebuah permasalahan krusial yang menjadi rumusan
masalah dalam penulisan makalah analisis ini, yaitu:
1. Bagaimanakah struktur
analisis Buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA?
2. Bagaimanakah
persamaan dan perbedaan masing-masing Buku Pendidikana Agama Islam Kelas XII
SMA?
3. Bagaimanakah
rekomendasi hasil analisis Buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA?
C. Tujuan
Penulisan
Dari hasil analisis
rumusan masalah di atas, maka ditemukan beberapa tujuan yang sagat urgen dari
penulisan makalah analisis ini, yaitu:
1. Untuk mengetahui struktur
analisis Buku Pendidikan Agama Islam
Kelas XII SMA.
2. Untuk mengetahui persamaan
dan perbedaan masing-masing Buku Pendidikana Agama Islam Kelas XII SMA.
3. Untuk mengetahui
rekomendasi hasil analisis Buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA.
D. Metode
Penelitian
Metode
penelitian yang kami gunakan pada penulisan jurnal ini adalah metode penelitian
kualitatif. Karena metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian
yang berdasarkan mutu artinya pembangunan pendidikan harus memperhatikan baik segi
kulaitatif maupun segi kuantitatifnya.
Untuk melihat seluruh isi dari Analisis Buku Pendidikan Agama Islam
Untuk Kelas XII SMA, anda bisa men-download isinya secara keseluruhan di sini.