PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Mengkaji sejarah pendidikan Islam pada masa kejayaan merupakan
salah satu bentuk hal yang bisa membuat kita termotivasi dalam memajukan
pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Kita dapat mengetahui tentang kejayaan
umat Islam dalam pendidikan sebagai cerminan bahwa umat Islam juga pernah
mengalami kejayaan dalam bidang pendidikan.
Sejarah sosial pendidikan Islam merupakan sesuatu yang berharga,
namun sering kali dilupakan oleh generasi penerus. Padahal, bangsa yang besar
harus berkaca pada sejarah masa silam untuk menorehkan prestasi dimasa yang
akan datang. Oleh karenanya, sebagai seorang muslim, kita perlu mengethui
sejarah Sosial Pendidikan Islam dimasa lampau sebagai bahan pelajaran untuk
kemudian melangkah menuju peradaban yang lebih baik lagi.
Kebudayaan Islam telah berkembang demikian cepatnya sehingga menjadi unggul
dan bahkan menjadi puncak kebudayaan umat manusia pada zaman itu. Kebudayaan
Islam pada masa ini, bukan saja mendatangkan kesejahteraan bagi kaum muslimin,
tetapi juga mendatangkan kesejahteraan bagi umat manusia pada umumnya,
mendatangkan rahmatan lil ’aalamin.
B.
Rumusan Masalah
Berangkat dari latar belakang masalah di atas maka permasalahan yang dapat
dirumuskan sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah
latar belakang sosial politik kemajuan pendidikan Islam?
2.
Bagaimanakah
faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan pendidikan Islam?
C.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka dapat diidentifikasikan beberapa
tujuan penulisan sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui latar belakang sosial politik kemajuan pendidikan Islam.
2.
Untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan pendidikan Islam
PEMBAHASAN
A.
Latar Belakang Sosial Politik Kemajuan Pendidikan Islam
Periode
keemasan dan kejayaan atau kemajuan pendidikan Islam terjadi pada masa Dinasti
Abbasiyah ataupun pada masa Dinasti Umayyah di Spanyol. Dikatakan bahwa, “Pada
periode ini, daerah kekuasaan Islam sudah meluas mulai dari India dan Asia
tengah sampai ke Spanyol dan Maroko. Kebudayaan dan peradaban mengalami
kemajuan pesat dalam segala bidang, terutama dalam bidang administrasi
pemerintah, ekonomi, pendidikan dan ilmiah. Di bidang pendidikan dan ilmiah,
kemajuan ditandai dengan mengadaptasi warisan kebudayaan dan peradaban serta
ilmu-ilmu yang didapat dari Yunani, Persia, Mesir, Yahudi, Kristen dan India ke
dalam Islam. Kemudian warisan-warisan tersebut dikembangkan dan diIslamkan
oleh sarjana-sarjana muslim. Maka
terjadilah ia sebagai kebudayaan,
peradaban dan ilmu pengetahuan Islam sendiri.
Puncak kejayaan pendidikan Islam dimulai dengan berkembang luasnya
lembaga-lembaga pendidikan Islam dan madrasah-madrasah formal di berbagai pusat
kebudayaan Islam. Hal ini dipengaruhi oleh jiwa dan semangat kaum muslimin pada
waktu itu yang sangat dalam penghayatan dan pengamalannya terhadap ajaran
Islam.
Dalam perkembangan kebudayaan Islam, nampak adanya dua faktor yang saling
mempengaruhi, yaitu faktor intern atau pembawaan dari ajaran Islam itu sendiri,
dan faktor ekstern, yaitu berupa rangsangan dan tantangan dari luar. Tetapi
sebenarnya pengaruh dari luar tersebut, hanyalah berupa sekedar
sebagairangsangan atau tantangan saja, agar potensi pembawaan dari ajaran Islam
itu sendiri bisa tumbuh dan berkembang. Yang paling menentukan adalah jiwa dan
semangat kaum muslimin, terutama para ahlinya dalam penghayatan dan pengalaman
ajaran Islam sebagaimana terangkum dalam Al-Qur’an.
B. Faktor Yang Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan Islam
Sebagai mana telah dikemukakan bahwa tumbuh dan berkembangnya ilmu
pengetahuan dan kebudayan islam adalah sebagai akibat dari berpadunya
unsur-unsur pembawaan ajaran islam dengan unsur-unsur yang berasal dari luar.
Dalam bidang filsafat ketuhanan atau teologi, perkembangan ilmu kalam dengan
berbagai macam pola pikiran, timbullah pula berbagai macam aliran dalam ilmu
kalam yang mempunyai pola pemikiran yang bersifat memadukan pola fikir
rasional.
Adapun faktor utama yang mempengaruhi kemajuan pendidikan Islam
adalah sebagai berikut:
1. Berdirinya sekolah-sekolah.
2. Terjadinya asimilasi antara bangsa arab dengan bangsa-bangsa lain yang
lebih dahulu mengalami perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan.
3. Pengaruh Persia, bangsa Persia banyak berjasa dalam perkembangan ilmu
filsafat dan sastra.
4. Pengaruh India terlihat dalam bidang kedokteran, ilmu matematika dan
ekonomi.
5. Pengaruh yunani masuk melalui terjemahan-terjemahan dalam banyak bidang
ilmu terutama filsafat, dan juga tidak bisa dilupakan gerakan raksasa untuk
menerjemahkan ilmu-ilmu yunani dan buku-bukunya kedalam bahasa arab.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa:
·
Puncak
kejayaan pendidikan Islam dimulai dengan berkembang luasnya lembaga-lembaga
pendidikan Islam dan madrasah-madrasah formal di berbagai pusat kebudayaan
Islam. Hal ini dipengaruhi oleh jiwa dan semangat kaum muslimin pada waktu itu
yang sangat dalam penghayatan dan pengamalannya terhadap ajaran Islam.
·
Sedangkan faktor utama yang mempengaruhi kemajuan pendidikan Islam adalah
sebagai berikut:
Ø Berdirinya sekolah-sekolah.
Ø Terjadinya asimilasi antara bangsa arab dengan bangsa-bangsa lain yang
lebih dahulu mengalami perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan.
Ø Pengaruh Persia, bangsa Persia banyak berjasa dalam perkembangan ilmu
filsafat dan sastra.
B. Saran
Terkait dengan adanya kekurangan dalam makalah ini maka saya berharap
kepada para pembaca untuk memberikan keritikan dan tanggapan sebagai
penyempurna makalah yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan
Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001)
Suwendi, Sejarah dan Pemikiran
Pendidikan Islam, (Jakata: PT Raja Grafindo Persada, 2004)
Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam,
(Jakarta: Kalam Mulia, 2004)