Pada dasarnya, sosiologi dapat dibedakan
menjadi dua, yaitu sosiologi umum dan sosiologi khusus. Sosiologi umum
menyelidiki gejala sosio-kultural secara umum. Sedangkan sosiologi khusus, yaitu pengkhususan dari sosiologi umum, yaitu menyelidiki
suatu aspek kehidupan sosio kultural secara mendalam. Misalnya: sosiologi
masayarakat desa, sosiologi masyarakat
kota, sosiologi agama, sosiolog hukum, sosiologi pendidikan dan sebagainya. Oleh sebab itu sosiologi pendidikan juga termasuk salah satu sosiologi khusus.
Berikut ini terdapat beberapa istilah atau pengertian mengenai
sosiologi pendidikan yang dicetuskan oleh para tokoh yaitu:
a)
Menurut F.G. Robbins, sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang
tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur
mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan,
struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengan tata sosial masyarakat.
Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan
kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.
b)
Menurut H.P. Fairchild, dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah
sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang
fundamental. Jadi ia tergolong applied
sociology.
c)
Menurut Prof. DR S. Nasution,M.A., sosiologi pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk
mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan
kepribadian individu agar lebih baik.
d)
Menurut F.G Robbins dan Brown, sosiologi pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan
menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk
mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari
kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.
e)
Menurut E.G Payne, sosiologi pendidikan ialah studi yang komprehensif
tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.
f)
Menurut Drs. Ary H. Gunawan, sosiologi pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang
berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan
sosiologis.
Diantara sekian
banyak pengertian dari sosiologi pendidikan di atas dapat disimpulkan bahwa, pengertian sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek
pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun
aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan
sosiologis.
Sumber bacaan:
Gunawan, Ary, Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi Tentang
Pelbagai Problem Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).