Definisi Evaluasi Pendidikan
Evaluasi adalah suatu peroses penaksiran terhadap kemajuan
pertumbuhan dan perkembangan anak didik untuk tujuan pendidikan.
Evaluasi pendidikan Islam adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan
suatu pekerjaan di dalam pendidikan Islam.
Program evaluasi ini diterapkan dalam rangka mengetahui tingkat
keberhasilan seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran, menemukan
kelemahan-kelemahan yang dilakukan, baik berkaitan dengan materi, metode,
fasilitas dan sebagainya.
Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pendidikan Islam
Tujuan program evaluasi adalah mengetahui kadar pemahaman anak
didik terhadap materi pelajaran, melatih keberanian dan mengajak anak didik
untuk mengingat kembali materi yang telah diberikan. Selain itu, program
evaluasi bertujuan mengetahui siapa di antara anak didik yang cerdas dan yang
lemah, sehingga yang lemah diberi perhatian khusus agar ia dapat mengejar
kekurangannya, sehingga naik tingkat, kelas maupun tamat sekolah. Sasaran
evaluasi tidak bertujuan mengevaluasi anak didik saja, tetapi juga bertujuan
mengevaluasi pendidik, yatu sajauhmana ia bersungguh-sungguh dalam menjalankan
tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam.
Fungsi evaluasi adalah membantu anak didik agar ia dapat mengubah
atau mengembangkan tingkah lakunya secara sadar, serta memberi bantuan padanya
cara meraih suatu kepuasan bila berbuat sebagaimana mestinya. Di samping itu,
fungsi evaluasi juga dapat membantu seorang pendidik dalam mempertimbangkan adequate
(baik tidaknya) metode pengajaran, serta membantu dan mempertimbangkan
administrasinya.
Sasaran evaluasi pendidikan Islam secara garis besarnya meliputi
empat kemampuan anak didik, yaitu:
1.
Sikap
dan pengalaman terhadap hubungan pribadinya dengan Tuhannya.
2.
Sikap
dan pengalaman terhadap arti hubungan dirinya dengan masyarakat.
3.
Sikap
dan pengalaman terhadap arti hubungan kehidupannya dengan alam sekitarnya.
4.
Sikap dan pandangannya terhadap diri sendiri
selaku hamba Allah dan selaku anggota masyarakat serta selaku khalifah Allah
SWT.
Prinsi-prinsip Evaluasi Pendidikan Islam
Evaluasi adalah penilaian tentang suatu aspek yang dihubungkan
dengan situasi aspek lainnya, sehingga diperoleh gambaran yang menyeluruh yang
ditinjau dari beberapa segi. Sehubungan itu, dalam pelaksanaan evaluasi harus
diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.
Prinsip kesinambungan (kontinuitas)
Evaluasi
tidak hanya dilakukan setahun sekali, atau per semester, tetapi dilakukan
secara terus menerus, mulai dari proses belajar mengajar sambil memperhatikan
keadaan anak didiknya, hingga anak didik tersebut tamat dari lembaga sekolah.
Dalam ajaran Islam, sangat diperhatikan prinsip kontinuitas, karena dengan
berpegang pada prinsip ini, keputusan yang diambil oleh seseorang menjadi valid
dan stabil, serta menghasilkan suatu tindakan yang menguntungkan.
2.
Prinsip menyeluruh (komprehensip)
Prinsip
yang melihat semua aspek, meliputi kepribadian, ketajaman hafalan, pemahaman
ketulusan, kerajinan, sikap kerja sama, tanggung jawab, dan sebagainya.
3.
Prinsip objekvitas
Dalam
mengevaluasi berdasarkan kenyataan yang sebenarnya, tidak boleh dipengaruhi
oleh hal-hal yang bersifat emosional dan irasional.