1.
Pengertian Manajemen Peserta Didik
Berdasarkan
asal kata, pengertian manajemen peserta didik merupakan penggabungan dari kata
manajemen dan peserta didik. Manajemen berasal dari bahasa latin yaitu dari
kata manus yang berarti tangan dan agere yang berarti melakukan. Kata-kata itu
digabung menjadi kata kerja managere yang artinya menangani. Managere
diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dalam bentuk kata kerja to manage, dengan
kata benda management, dan manager untuk orang yang melakukan kegiatan
manajemen. Akhirnya, management diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi
manajemen atau pengelolaan.
Pengetian
peserta didik sendiri menurut ketentuan umum undang-undang RI No. 20 Tahun 2003
tentang sistem pendidikan Nasional adalah anggota masyarakat yang berusaha
mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada
jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
Manajemen
peserta didik adalah sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari
peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Dengan
demikian manajmenen peserta didik itu bukanlah dalam kegiatan-kegiatan
pencatatan peserta didik saja, mmelainkan meliputi aspek yang lebih luas, yang
secara operasional dapat dipergunakan untuk membantu kelancaran upaya
pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan.
2.
Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Manajemen Peserta Didik
Tujuan
manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar
kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran di lembaga pendidikan,
lebih lanjut, proses pembelajaran di lembaga tersebut dapat berjalan lancar,
tertib dan teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan
sekolah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan.
Fungsi
manajemen peserta didik adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk
mengembangkan diri se-optimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi
individualitasnya, segi sosial, aspirasi, kebutuhan dan segi-segi potensi
peserta didik lainnya.
Agar
tujuan dan fungsi manajemen peserta didik dapat tercapai, ada beberapa prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya, prinsip yang dimahsud adalah
sebagai berikut:
a.
Dalam
mengembangkan program manajemen kepesertadidikan, penyelenggaraan harus mengacu
pada peraturan yang berlaku pada saat program dilaksanakan
b.
Manajemen
peserta didik dipandang sebagai bagian keseluruhan manajemen sekolah. Oleh
karena itu ia harus mempunyai tujuan yang sama dan atau mendukung terhadap
tujuan manajemen sekolah secara keseluruhan.
c.
Segala
bentuk kegiatan manajemen peserta didik haruslah mengemban misi pendidikan dan
dalam rangka mendidik peserta didik
d.
Kegiatan-kegiatan
manajemen peserta didik haruslah diupayakan untuk mempersatukan peserta yang
mempunyai keragaman latar belakang dan punya banyak perbedaan.
e.
Kegiatan
manajemen peserta didik haruslah dipandang sebagai upaya pengaturan terhadap
pembimbingan peserta didik
f.
Kegiatan
manajemen peserta didik haruslah mendorong dan memacu kemandirian peserta didik
g.
Kegiatan
manajemen peserta didik haruslah fungsional bagi kehidupan peserta didik, baik
disekolah lebih-lebih di masa depan.