RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDLB Tunagrahita Ringan (C)
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas :
VI / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit ( 5 x pertemuan )
Standar Kompetensi : Energi dan perubahanya
1. Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari – hari.
Materi Pokok :
Diskripsi beberapa sumber energi.
1. KOMPETENSI DASAR
1.1.Mendeskripsikan beberapa sumber energi.
2. INDIKATOR
1. Menyebutkan sumber energi.
2. Menjelaskan definisi sumber energi
panas, energi bunyi, dan energi alternatif.
3. Mencontohkan sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif dalam
kehidupan sehari – hari.
4. Mengidentifikasi macam – macam sumber energi.
5. Aktif
6. Ulet
7. Jujur
8. Tanggap
9. Bertanggung jawab
3. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Diberikan materi tentang macam – macam sumber energi, siswa dapat
menyebutkan minimal 3 sumber energi dengan benar.
2. Diberikan penjelasan tentang definisi beberapa sumber energi, siswa dapat
menjelaskan definisi sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif
dengan bantuan guru.
3. Diputarkan video edukatif contoh –
contoh sumber energi, siswa dapat mencontohkan sumber energi panas, energi
bunyi, dan energi alternatif dalam kehidupan sehari – hari dengan benar.
Psikomotor
1.
Diberikan tabel serta penjelasan macam – macam
sumber energi, siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk sumber energi panas,
energi bunyi, dan energi alternative dengan bantuan guru.
Afektif
1. Diberikan penjelasan materi tentang macam – macam sumber energi, siswa dapat berperan
aktif dengan mengajukan pertanyaan dan menjawab soal.
2. Diberikan tugas mengidentifikasi yang termasuk sumber energi panas, bunyi,
dan alternatif , siswa dapat ulet dalam
mengerjakan tugas dan belajar.
3. Diberikan gambar contoh sumber energi panas, bunyi, dan alternatif secara
acak, siswa dapat tanggap dengan
menjawab contoh sumber energi yang dimaksud oleh gambar yang diberikan.
4. Diberikan tugas tugas rumah siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya.
5. Diberikan soal ulangan harian tentang materi macam – macam sumber energi,
siswa dapat jujur dengan mengerjakan soal ulangan semester sendiri tanpa
bantuan teman.
4. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
5. SUMBER BELAJAR
1.
LKS 1 KD 1.1 : Mendeskripsikan beberapa sumber energi dalam
kehidupan sehari – hari.
LP 1 KD 1.1 :
Membuat pesawat terbang
2.
Buku BSE kelas IV Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 97 sampai hal 101.
6. ALAT DAN BAHAN
1.
Video edukasi contoh – contoh sumber energy
2.
LCD, Proyektor.
3.
Table macam – macam sumber energi.
4.
Gambar contoh sumber energi panas.
5.
Gambar contoh sumber energi bunyi.
6.
Gambar contoh sumber energi alternatif.
7. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
7.1.Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru memberikan salam
2. Guru bersama siswa dipimpin salah satu siswa untuk berdo’a
3. Guru melakukan absensi dan memotivasi siswa
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
7.2.Kegiatan Inti ( 45 menit)
1. Guru menjelaskan tentang macam – macam sumber energi.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru serta mampu menyebutkan macam – macam
sumber energi.
3. Guru menjelaskan definisi sumber energi panas, energi bunyi, serta energi
alternative.
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru serta mampu mendefinisikan sumber energi
panas, energi bunyi, serta energi alternatif.
5. Guru memutarkan video edukasi contoh
sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif dalam kehidupan
sehari - hari.
6. Siswa mengamati video, dan mampu menyebutkan contoh sumber energi panas,
energi bunyi, serta energi alternatif dalam kehidupan sehari - hari.
7. Guru memberikan tabel serat menjelasakan perbedaan antara sumber energi
panas, energi bunyi, serta energi alternatif.
8. Siswa memperhatikan tabel serta mendengarkan penjelasan guru.
9. Siswa mampu mengidentifikasi antara sumber energi panas, energi bunyi,
serta energi alternatif sesuai denagn
tabel.
10. Guru membimbing siswa untuk membuat pesawat tebang dari kertas untuk
membuktikan sumber energi alternatif
(energi angin).
7.3.Kegiatan Akhir (15 menit)
1. Guru memberikan reword untuk siswa yang aktif.
2. Guru memberikan kesimpulan materi.
3. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
4. Guru menucapkan salam.
8. PENILAIAN
8.1.Tes tulis
Mengerjakan tugas yang
diberikan guru
8.2.Tes lisan
Diberikan pada saat
pembelajaran berlangsung
8.3.Tes Perbuatan
Membuat pesawat terbang
9. LAMPIRAN – LAMPIRAN
1.
LKS
2.
Kunci jawaban LKS
3.
Lembar penilaian (LP)
Gresik, 28 Februari
2017
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
(Assidik Wibowo, S.T)
(Nuryandi Wahyono, S.Pd.I)
LKS 1
(Lembar Kerja Siswa 1)
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/ semester : 4/ I (Ganjil) SDLB-C1
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan beberapa sumber energi
Nama Siswa :
...............................
A. Pilihlah jawaban yang benar dengan menuliskan
huruf a, b, c, atau d di buku tugasmu!
1. Energi panas yang paling utama berasal dari ....
a. makanan c. air
b. minyak bumi d. matahari
2. Energi panas disebut juga ....
a. kalor c. energi
cahaya
b. energi listrik d. energi
kinetic
3. Untuk mengeringkan baju diperlukan energi ....
a. kimia c. panas
b. listrik d. gerak
4. Berikut yang bukan merupakan sumber energi alternatif adalah ....
a. angin c. matahari
b. bensin d. air
5. Matahari merupakan sumber energi ....
a. panas dan gerak c.
cahaya dan listrik
b. panas dan cahaya d. bunyi dan kimia
6. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....
a. bergerak c. berpindah
b. bergetar d. berputar
7. Berikut yang termasuk energi gerak adalah ....
a. angin, matahari c.
matahari, makanan
b. angin, air mengalir d.
batu bara, angina
8. Energi dari matahari yang diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis adalah ....
a. energi panas c. energi kimia
b. energi listrik d. energi
cahaya
9. Benda yang termasuk sumber energi yang tak terbatas adalah ....
a. bensin c. batu bara
b. matahari d. solar
10. Sel surya menyerap energi yang berasal dari ....
a. panas bumi c. air terjun
b. sinar matahari d. angin
Kunci Jawaban LKS
1. D 6.
B
2. A 7.
B
3. C 8.
D
4. C 9.
B
5. B 10.
B
LP 1
(Lembar Penilaian 1)
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas :
4 SDLB-C1
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan beberapa
sumber energi.
Indikator :
Membuat pesawat terbang.
Nama Siswa :
...............................
A.
Tujuan: dapat membuat pesawat terbang dari kertas untuk membuktikan
perubahan gerak karena pengaruh udara.
B.
Alat dan Bahan: kertas tulis/HVS, pensil, penggaris, dan
gunting.
C.
Langkah Kerja:
1. Potonglah kertas dengan ukuran 15 cm × 20 cm!
2. Lipat kertas seperti gambar di bawah ini!
3. Bentuklah model kepala pesawat dengan melipat seperti gambar berikut!
4. Lipat kembali ke arah luar sehingga terbentuk model sayap pesawat (perhatikan gamabr berikut)!
5. Lemparkan pesawat yang telah kamu buat dan amati gerakannya
Lembar Penilaian
1. Proses
No
|
Indikator
|
Baik
(3)
|
Sedang
(2)
|
Kurang
(1)
|
1.
|
Posisi duduk.
|
|
|
|
2.
|
Cara memotong kertas sesuai dengan ukuran.
|
|
|
|
3.
|
Cara melipat kertas sesuai dengan contoh tahap pertama.
|
|
|
|
4.
|
Cara melipat bentuk kepala pesawat.
|
|
|
|
5.
|
Cara melipat
kembali ke arah luar sehingga terbentuk model sayap pesawat.
|
|
|
|
6
|
Cara melempar pesawat yang telah dibuat dan
mengamati gerakanya.
|
|
|
|
2. Hasil
No
|
Indikator
|
Baik
(3)
|
Sedang
(2)
|
Kurang
(1)
|
1.
|
Bentuk pesawat
|
|
|
|
2.
|
Kerapian.
|
|
|
|
3.
|
Kreativitas.
|
|
|
|
4.
|
Pengamatan.
|
|
|
|
Penilaian: