Daftar
hadir adalah dokumen atau catatan yang digunakan untuk mencatat kehadiran
seseorang dalam suatu kegiatan atau acara, seperti rapat, pertemuan, kelas,
atau pekerjaan. Tujuan utamanya adalah untuk mendokumentasikan siapa saja yang
hadir dan memberikan informasi tentang tingkat kehadiran dalam suatu kegiatan.

Ada
beberapa point penting dalam daftar hadir, yaitu:
a.
Daftar hadir berfungsi sebagai bukti
kehadiran, alat kontrol, dan informasi penting bagi penyelenggara acara atau
pihak yang berkepentingan;
b.
Daftar hadir biasanya berisi
kolom-kolom seperti nomor urut, nama peserta, dan tanda tangan. Terkadang juga
mencakup informasi tambahan seperti waktu kehadiran atau keterangan lainnya;
c.
Ada berbagai jenis daftar hadir,
termasuk daftar hadir rapat, daftar hadir karyawan, daftar hadir siswa, dan
daftar hadir acara lainnya;
d.
Daftar hadir membantu dalam
mengelola kehadiran, mengevaluasi partisipasi, dan memastikan akuntabilitas.

Dengan
adanya daftar hadir, pihak yang bertanggung jawab dapat memantau tingkat
kehadiran, mengidentifikasi peserta yang tidak hadir, dan mengumpulkan
informasi yang relevan untuk keperluan administrasi atau pelaporan.
Namun
adakalanya pada saat membuat daftar hadir mengalami kesulitan dan hal-hal yang
memperlambat aktifitas seperti ukuran kertas nomor urutnya manual dan segala
macam. Biasanya daftar hadir dibuat di Microsoft Word, namun kali ini ada
contoh daftar hadir menggunakan Microsoft Excel yang memungkinkan dapat
mempercepat dalam pembuatan dan tentunya penulisan nomor dan segela sesuatunya
menggunakan fitur otomatis, salah satunya pada saat nama diisi atau ditulis maka
nomor urut dan nomor tanda tangan terisi otomatis.
Biar
tidak lama-lama dalam menjelaskan, langsung saja download filenya di bawah ini.
Daftar
Hadir Otomatis